Drive Test and Optimization

Drive Test merupakan sebuah metode pengukuran, penilaian cakupan, kapasitas, dan Quality of service (QoS) dari jaringan radio selular.  Dengan melakukan drive test kita dapat mengerti performa jaringan selular yang di suatu tempat. Saat melakukan Drive Test kita memerlukan beberapa parameter. Parameter tersebut adalah Strongest Pilot strength, RX power, TX power, F-Fer (Forward frame error rate). Dengan menggunakan parameter tersebut maka saya rasa cukup untuk menjalankan drive test (Saya melakukan drive menggunakan software ZXPOS CNT). Setelah melakukan Drive test dan pengambilan data dari parameter – parameter sudah di dapatkan maka dilajutkan dengan analisis hasil dari drive test ( saya menggunakan software ZTE ZXPOS CNA). Setelah proses analisis dilakukan maka didapatkan hasil dan langkah – langkah optimasi yang diperlukan untuk perbaikan kualitas jaringan.

Optimization merupakan suatu langkah untuk meningkatkan performa jaringan selular. Beberapa optimasi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Tilting antena dimana antena yang sudah terpasang di tower di sesuaikan azimuth, sudut kemiringan, dan tinggi antena.
  2. Penyesuaian Power cell
  3. Relokasi antena
  4. Dan penambahan bts atau repeater jika sangat diperlukan

Setelah melakukan Optimization kita perlu untuk melakukan drivest kembali untuk dapat membandingkan hasil dari sebelum dan sesudah opmitization.

Note : pastikan bahwa hasil drive test terakhir lebih baik dari drive test yang pertama.

 

instant pay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s