UNTITLED

beberapa waktu belakangan saya makin sering menemui sebuah kasus dimana orang – orang mengemukakan perasaan atau yang lebih bekennya disebut curhat di jejaring sosial.

Tapi yang jadi pertanyaan saya :

1. Apakah tempat mereka mencurahkan perasaan mereka sudah tepat?

contoh : GAK NGERTI APA EMANG GAK MAU NGERTI SIH ????

2. Jika terdapat kasus orang pencelaan terhadap sekte atau ras tertentu ataupun ungkapan rasa kekesalan yang berlebihan sehingga kata – kata kotor yang keluar. Apakah itu baik jika kita melontarkan pendapat sesuai emosi sesaat maupun pengetahuan yang kurang?

contoh : – DASAR C***** NUMPANG DITANAH ORANG MASIH AJA BELAGU.

– AN*****, ^%*%*$&(^&%%$* GAK TANGGUNG JAWAB

3. Apakah yang disebut kebebasan berekspresi tidak ada batasan – batasannya?

Kesimpulan jawaban menurut dari narasumber yang status nya sebagai pelaku :

1. Sudah tepat, karena mereka berpendapat bahwa orang – orang yang  berada dijejaring sosial adalah teman mereka. Dan sebagai teman wajar jika mengetahui perasaaan teman yang lain.

2. Sah – sah saja, karena :

a. memang sekte tertentu atau ras tertentu tidak baik, dan terserah gw donk mulut – mulut gw kenapa lu yang sewot?

b. Ya abis gmn?kesel banget gw ma itu si AN****

3. Batasan itu tergantung dari pribadi masing – masing tidak dipengaruhi orang lain maupun lingkungan.

Entah saya yang berpikir terlalu kolot atau kebebasan sekarang tak ada aturan, hehe.

Ketika saya masih muda, orang tua saya selalu mengajarkan

– Ceritakanlah masalahmu kepada orang tua mu karena dipastikan mereka akan menjaga 100% rahasia mu. karena tidak ada orang tua yang menjatuhkan anak nya sendiri. dan inget para sobat reader, orang tua kita juga pernah muda seperti kita. dipastikan mereka juga pernah nakal, jatuh cinta dan melakukan kesalahan seperti kita jadi jangan kuatir.

ada contoh seperti ini ketika sakit kita periksa ke dokter bukan ke notaris PPAT ,dan  kalau kita mau mengurus masalah tanah tanah kita pergi ke notaris bukan ke dokter. Seperti halnya curhat dibagian mana masalahmu ceritalah kepada orang tepat.

– Bijaksanalah dalam bertutur kata karena ada pepatah jawa mengatakan Ajining raga saka busana Ajining diri saka ing lathi yang memiliki arti seseorang itu kebanyakan dikagumi karena penampilanya dan nilai pribadi terletak di perkataan.

– Tahanlah emosi karena orang yang dapat mengendalikan emosi adalah orang yang dapat mengendalikan suasana.

– Saya boleh melakukan apapun tetapi hasil yang di peroleh tetap harus di atas standar. jika melakukan sebab jangan lupa memikirkan akibat karena apa yang kita tabur akan kita tuai.

So dari tulisan di atas para sobat bisa berpikir lebih jernih lagi dan bisa mengambil kesimpulan masing – masing. Mana yang baik dan tidak anda dapat pilah sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s