Yuk Ngomongin Duit

Hey guys, Hari ini kita bahas yang sensitif ya. kita bakal ngomongin masalah duit alias uang. Hari ini saya ingin share mengenai tentang pengertian uang. Menurut KBBI sendiri Uang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara.
Bagaimana menurut pendapat kalian tentang uang?
Pemikiran kalian tentang uang dimasa ini akan memproyeksikan seperti apa kehidupan nantinya. Uang itu netral, uang akan pergi ketika kalian tidak melakukan kontrol penuh, Pengetahuan kalian yang kurang tentang keuangan juga akan membuat uang pergi, dan yang terparah jika teman – teman gagal untuk melakukan kontrol maka konsekuensinya akan terjerat dengan yang namanya hutang.
ditambah Sikap hati kita yang salah akan uang dapat membuat kita jatuh dalam dosa. karena cinta akan uang adalah akar dari kejahatan. Ingat jangan cintai uang tapi kita wajib kontrol mereka menggunakan otak bukan hati.
Uang adalah pisau bermata dua, jika digunakan dengan bijak uang akan dapat membantu kita memudahkan pekerjaan kita, jika menggunakannya dengan sembarangan dan terlalu serakah untuk mendapatkan uang maka kita melakukan kejahatan untuk mendapatkan uang. Jadi guys, perbaiki pola pikir dan perbaiki dalam mengatur keuangan kita agar kita tidak terjerumus dan menjadi jahat karena uang.
Btw cukup ceramah no jutsunya sekarang kita akan langsung share bagaimana menyingkapi uang.

Jika kamu terlahir miskin itu bukan salahmu, tetapi jika kamu mati miskin itu adalah kesalahanmu – Bill Gates

if you are born poor it’s not your mistake. but if die poor its your mistake

Syarat menyingkapi uang:

  1. Lakukan Financial Rontgen
    Rumus yang dipakai
    undefined
    jika dibuat rumus A+B > C+D

    NB :
    A / Penghasilan Aktif : Uang gaji / uang dari margin usaha kita
    B / Penghasilan Pasif : Uang hasil investasi kita , contoh : hasil kebun, hasil saham, hasil dari kontrakan.
    C /Pengeluaran Tetap : Pengeluaran yang pasti setiap bulan,
    contoh: Cicilan kartu kredit, Cicilan KPR, Sewa Rumah, bayar listrik, dll
    D / Pengeluaran Tidak Tetap : nongkrong di cafe, service motor, dll

    Kami sendiri setelah melakukan Financial Rontgen sudah A+B>C+D, apakah teman – teman sudah?bagaimana jika dan jangan sampai terjadi, jika teman – teman kehilangan parameter penghasilan aktif? seperti saat pandemi ini banyak sekali pemecatan masal dll, Apakah tetap B > C+D? jika belum tetap terus semangat agar B > C+D , bagi yang sudah SELAMAT anda sudah masuk kelas bebas finansial.
  2. Lakukan Financial Planning
    setelah kita selesai melakukan Finansial Rontgen, maka kita sudah mengetahui posisi keuangan kita dimana so saatnya kita membuat rencana keuangan kita sendiri. yang pertama pedoman kita tetap rumus di atas A+B>C+D. Bagaimana jika keuangan kita A+B=C+D ataupun yang terparang A+B<C+D?
    Jika A+B<C+D atau A+B=C+D, Pada dasar prinsipnya cuma ada 2 Hal yang bisa kita lakukan :
    1. Perbesar penghasilan
    Memperbesar Penghasilan bisa bermacam – macam caranya bisa memulai pekerjaan sampingan seperti jadi gojek, atau menjadi makelar dari barang – barang teman kita yang sedang berjualan. mengapa saya tidak memasukkan Parameter B untuk perbesar penghasilan? karena Parameter B. Sehingga Parameter B ini dapat dilakukan jika A>C+D
    2. Perkecil pengeluaran
    Memperkecil pengeluaran adalah cara terakhir yang dilakukan jika sudah memperbesar penghasilan namun parameter A+B>C+D masih belum tercapai. Mengurangi pengeluaran mulai dari pengurangan gaya hidup.
    Jika A+B>C+D maka sekarang saatnya belajar memperbesar nilai Parameter B. dengan cara mengalokasikan sisa gaji/pendapatan kita ke Deposito/Obligasi/P2P lending/Saham. pastikan modal untuk menghasilkan parameter B selalu bertambah setiap bulannya agar nanti B>C+D alias bebas finansial dapat tercapai.
  3. Action dengan Konsisten, Sabar dan Disiplin
    Langkah ini adalah langkah susah untuk dilakukan karena butuh konsistensi tinggi , kesabaran menanti, dan disiplin melakukan. karena membuat budget tiap bulan untuk setiap pengeluaran kita tidaklah mudah, namun implementasi agar budget kita cukup juga terdapat permasalahan sendiri. Jadi teman – teman wajib disiplin dan kontrol napsu teman – teman untuk membeli ini itu juga diluar budget.
  4. Bersyukur dan jangan lupa beramal
    Langkah terakhir ini yang paling sering dilupakan orang. bahwa setiap manusia berusaha namun Tuhan yang menentukan. setiap proses yang kita lalui wajib dipenuhi dengan rasa syukur karena dengan bersyukur kita dapat lebih menikmati hidup. jika selalu beramal disaat situasi apapun Tuhan pasti yang akan membalas dengan cara tidak kita sadari.

Thanks

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat

Happy Saving 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s