Waktu & Bunga Bergulung

Halo teman – teman, hari ini saya ada sedikit renungan, apa hal termahal di dunia ini yang tidak dapat dibeli dengan uang?walaupun Bill Gates, Warren Buffet, Jeff Bezos sekalipun, Dan jawabannya adalah Waktu. siapapun didunia ini tidak dapat membeli waktu Tapi banyak sekali orang didunia ini menjual waktunya dengan harga sangat murah demi mendapatkan uang (salary). Hingga saat ini masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa waktu adalah hal yang sangat penting, Hari ini saya ingin sharing mengenai waktu dan Bunga Bergulung.

Waktu manusia yang terbatas. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu waktu kita habis di dunia. Waktu yang tidak dapat diulang membuat kita wajib memiliki mindset waktu adalah hal yang paling mahal didunia ini. Sehingga kita wajib mulai memikirkan bagaimana cara menikmati hidup kita tanpa harus menghabiskan hidup kita dengan terus bekerja. salah satu keluar dari jebakan keuangan yang membuat kita harus terus bekerja keras seumur hidup adalah compound interest atau yang disebut bunga bergulung. seperti kata Albert Einstein orang mengerti tentang bunga bergulung akan mendapat keuntungan dan siapa yang tidak mengerti akan membayarnya.

Compound interest is the eight wonder of the world. He who understand it, earn it. He who doesn’t understand it, pay it – Albert Einstein –

Bunga berbunga adalah keajaiban dunia ke-delapan. Orang yang mengerti akan mendapatkan keuntungannya dan orang yang tidak mengerti akan membayarnya

Bunga bergulung sangat relate dengan waktu. semakin kita muda mengenal konsep bunga bergulung semakin cepat juga kita dapat pensiun dan menikmati hidup kita. bersyukurlah teman – teman yang masih muda dan sudi membaca tulisan ini maka kehidupan anda juga pasti akan lebih baik jika dibanding dengan saya yang baru mengenal bunga bergulung di usia 29 tahun. Berikut tabel yang bisa dilihat untuk bunga bergulung. saya memberikan satu contoh jika teman – teman memiliki dana 10juta dan dana tersebut di investasikan dengan return 20% pertahun maka ditahun ke 30 uang anda yang 10juta tadi sudah berubah mendi 2.3Miliar. itu jika teman – teman tanpa menambah modal 10jt tadi. Bayangkan jika teman -teaman menambah 30% atau 50% dari penghasilan teman-teman untuk di investasikan selama 30 tahun. nilainya pasti sangat – sangat fantastis.

Berawal dari Mimpi Keliling Dunia. Salah satu impian saya dapat berkeliling dunia. Dan saya pun membuat plan untuk ke Luar Negeri setahun sekali dikawasan asia. Hal itu terjadi dan saya sangat bahagia dan membuat saya bersemangat menabung. Hingga suatu malam saya mulai memikirkan untuk bagaimana plan saya agar bisa terbang lebih jauh, Dan setelah membuat plan saya mendapat masalah yaitu Saya tidak memiliki cukup kekuatan ekonomi untuk travelling ke eropa, afrika, dan amerika. Saya pun menjadi serakah (Greed) untuk mendapatkan gaji yang lebih namun ketika gaji saya naik maka saya menyadari waktu saya habis untuk perusahaan. Seketika itu saya berpikir ada sesuatu pola yang salah dalam hidup saya. Sehingga saya iseng untuk membuka youtube dan pergi ke Gramedia. Saya melihat sebuah buku lalu membeli tersebut. buku tersebut berjudul rich dad and poor dad yang ditulis oleh robert kiyosaki. saya mengetahui buku ini semenjak saya kuliah namun kebodohan saya yang tidak menyukai membaca buku membuat saya menghiraukan buku legendaris ini. Mata dan cara berpikir saya semakin terbuka. saya dahulu berpikir tidak mau mendewakan uang tapi pada kenyataannya saya bekerja mati – matian hanya untuk mendapatkan uang lebih.

Mulai mengenal investasi. saya mengenal investasi pertama adalah deposito diumur saya ke 28th dan mulai mengenal saham, p2p lending, dan reksadana di usia saya ke 29th, ya dapat dibilang cukup terlambat karena lingkungan dan keluarga juga belum melek akan hal ini. dalam waktu sesingkat – singkatnya saya lebih fokus belajar dan memperbaiki mindset saya mengenai investasi daripada saya harus sibuk tanya saham apa yang baik hari ini?saya berfokus belajar bagaimana analisa fundamental, analisa teknikal bekerja, bagaimana cara p2p lending bekerja. hingga saat ini saya masih fokus untuk belajar karena menurut saya sendiri profit pasti akan mengikuti dari pengetahuan yang kita miliki.

Pola berpikir menjadi terbalik. belajar di awal PSBB dijakarta yang dikarenakan pandemi corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 yang menyebabkan bursa drop lebih dari 33%. Porto saya yang awalnya hijau mendadak langsung merah merana dalam sekejap. Saya pun bukannya panik tapi saya belajar untuk berpikir terbalik dan makin belajar giat dan membelajari emiten – emiten yang saya miliki. ternyata ketika saya melihat beberapa emiten yang telah saya miliki dan melihat fundamentalnya buruk saya jual rugi. Saya belajar untuk mengakui kesalahan dan mulai membeli perusahaan berfundamental baik disaat pandemi dan voila keuntungan hingga 60-100% dibeberapa saham yang miliki hanya dalam hitungan bulan. Bagi saya kesalahan adalah guru terbaik, dengan kesalahan yang saya buat saya jadi menambah pengetahuan saya mengenai pasar saham. lebih santai menghadapi naik turunnya harga dan fokus terhadap kinerja perusahaan.

Hidup berfokus pada pengetahuan. ketika fokus kita adalah pengetahuan maka belajar itu sangat menyenangkan dan melakukan experiment itu juga menyenangkan walaupun resiko dibalik itu adalah uang yang kita investasikan menjadi minus. buat saya minusnya dari investasi merupakan ongkos belajar. Selalu haus untuk belajar adalah kunci kesuksesan di pasar modal dan saya mendapatkan ini ketika orang – orang yang sudah sukses selalu mengatakan selalu belajar karena dunia selalu berubah dan kita juga harus berubah. dan ingat semua butuh waktu untuk memprosesnya, kalau mau sukses nikmati prosesnya dan selalu haus akan pengetahuan.

Belajar untuk sharing ilmu agar ilmu kita terus berkembang. Pengalaman saya di dunia investasi lalu share ke teman – teman terdekat dan keluarga seringkali mendapat banyak pertanyaan yang kadang menurut saya critical sehingga membuat saya harus belajar dan belajar agar dapat menjawab pertanyaan yang tidak dapat saya jawab. ketika saya “terpaksa” mencari jawaban yang sebelumnya saya tidak tahu maka secara tidak langsung pengetahuan saya pun makin luas.

Hasil yang tidak berbohong. lebih dari 5 tahun bekerja saya sendiri mulai merasakan asset saya bertumbuh setelah saya mengenal konsep waktu, bunga bergulung dan investasi. Dalam beberapa tahun belakang ini asset saya bertambah 38% per Tahun. biasanya asset saya nilainya sekarang tiap tahun mengalami pertumbuhan. Dan ketika rencana saya terlaksana semua, saya dapat berkeliling dunia sesuai impian saya mengambil jatah dari gaji saya.

So buat teman – teman yang memulai investasi, jangan takut untuk gagal. berjuang terus menerus kalau perlu gagal lah sebanyak mungkin dan terus belajar hingga gagal itu bosan datang kepada kita.

Happy Investing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s